12 Wisata Jogja Malam Hari Yang Hits dan Populer

Jogja merupakan kota wisata yang memiliki ragam wisata yang lengkap mulai dari wisata perkotaan, budaya hingga wisata alam.

Ada banyak sekali pilihan yang dapat kamu kunjungi saat liburan di jogja, wisatawan juga banyak yang mencari destinasi wisata malam hari jogja.

Lokasi wisata ini banyak memberikan suguhan city light jogja, gemerlap lampu perkotaan yang sangat indah menghiasi malam hari. Yuk intip daftar destinasi wisata malam hari di jogja, berikut ini :

1. Jalan Malioboro

Malioboro Jogja
Sumber : www.griyasatria.co.id

Wisata yang satu ini, sudah pasti tidak boleh ketinggalan saat kamu liburan ke jogja. Malioboro menjadi titik kumpul para wisatawan yang akan bergegas pulang, mereka menjadikan maliobor menjadi tempat menghabiskan waktu malam dan mencari oleh-oleh untuk di bawa pulang.

Jalan malioboro merupakan wisata yang tak pernah tidur, karena selalu ramai pengunjung selama 24 jam.

Di tempat ini, kamu dapat menemukan beragam kuliner, pernak pernik, oleh-oleh, batik, jajanan dan lainnya.

2. Pendopo Lawas

Pendopo Lawas Jogja
Sumber : https://niagatour.com/

Selanjutnya, buat yang suka musik, tempat ini mungkin menjadi pilihan yang tepat. Karena kamu bisa menikmati malam hari sembari kulineran dan ditemani dengan alunan musik.

Lokasi Pendopo lawas, berada di samping timur Alun-Alun Utara Kota Jogja, atau berada tak jauh dari malioboro dan Titik Nol Kilometer Jogja.

Wisata ini sangat cocok untuk kamu yang berlibur ke jogja bersama keluarga tercinta, sembari menikmati suasana malam kota jogja.

Selain itu, buat yang suka kulineran, ada spot kuliner yang legend dan rekomended, yaitu Bakmi Pak Pele, lokasinya berada di dekat Pendopo lawas ke selatan (sampai mentok).

3.Alun-Alun Kidul

Alun Alun Kidul (Selatan) Jogja Sore Hari
Sumber : www.bakpiamutiarajogja.com

Salah satu wisata malam di jogja yang fenomenal adalah Alun Alun Kidul (Selatan) Yogyakarta.

Di sini merupakan tempat yang cocok untuk kulineran dan bercengkerama bersama pasangan, kerabat ataupun keluarga tercinta.

Selain kulineran, di sini kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas lainnya, seperti Masangin (Masuk di antara dua beringin), Naik sepeda lampu atau odong-odong.

Kamu hanya perlu membayar parkir Rp 2.000 saja, kamu sudah bebas mengelilingi alun-alun kidul sepuasnya dan menikmati ramainya malam di sana.

4. HeHa Sky View

HeHa Sky View Gunungkidul Jogja
Sumber Foto : pitpogi2023.com

Obyek wisata ini bisa dibilang menjadi salah satu ikon wisata di jogja, dari sini kamu bisa dengan jelas melihat luasnya kota jogja dan pada malam harinya kamu akan disuguhi keindahan city light jogja.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, fasilitas yang ada di sana juga sangat beragam, seperty Love Box, Sky Glass, Garden Area, Sky Swing, HeHa Aeroplane, Macrame, Bean Bag Area, HeHa Garage, Live Musik, Souvenir Area, Musholla, Toilet, Area Parkir yang luas dan juga tersedia Jalur kursi roda.

5. Tebing Breksi

Tebing Breksi Jogja
Sumber : yawisata.com

Awalnya merupakan tempat menambag batuan kapur, yang akhirnya berubah menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Menyuguhkan pemandangan tebing setinggi 30 meter dan terdapat berbagai ukiran yang indah di berbagai sudutnya.

Tersedia juga anak tangga untuk naik ke atas tebing, sehingga pemdangan yang disuguhkan di atas tebing jauh lebih indah lagi.

Mengunjungi wisata ini sangat direkomendasikan pada pagi dan juga sore hari, saat matahari mulai terbenam, karena pemandangan sunset kota jogja akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

6. Bukit Bintang

Bukit Bintang Gunungkidul Jogja
Sumber Foto : travelspromo.com

Bukit bintang menjadi salah satu spot wisata di lantai dua kota jogja, karena lokasinya berada di ketinggian, dari sini cocok untuk menikmtai pemndangan alam dan juga city light kota jogja di malam harinya.

Tak hanya menikmati pemandangan saja, namun kamu bisa sembari kulineran. Untuk lokasinya, Bukit Bintang berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian untuk menuju ke sana, dari malioboro ke bukit bintang berjarak sekitar 20km dan memerlukan waktu perjalanan sekitar 30 menitan, jika tidak terkena macet.

7. Puncak Sosok

Puncak Sosok Jogja
Sumber : Instagram @yogyakarta

Jogja lantai dua yang selanjutnya ada Puncak Sosok, yang lokasinya juga tak begitu jauh dari bukit bintang.

Kawasan ini banyak dikunjungi wisatawan terutama pada weekend dan juga saat musim liburan.

Daya tarik dari puncak sosok adalah suguhan pemandangannya dan juga ada pementasan live music, sehingga menambah ketertarikan wisatawan untuk berkunjung.

Selain menikmati keindahan alamnya, di sini kita bisa sembari kulineran dan menonton pementasan musik di panggung hiburan.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Dekat Stasiun Lempuyangan Jogja

8. Tugu Kota Jogja

Tugu Jogja
Sumber : Instagram @ora_alone

Merupakan sebuah monumen simbol atau lamban dari Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tugu ini menjadi spot wisata malam yang ramai diburu para wisatawan yang sedang liburan atau singgah sejenak di kota Jogja.

Sepanjang jalan dari Tugu Hingga Stasiun Yogyakarta, kamu akan menemukan banyak spot untuk kulineran dan bisa dijadikan tempat nongkrong malam bersama pasangan, kerabat, dan keluarga tercinta.

9. Taman Pelangi

Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali
Sumber : Google Maps planet art

Selanjutnya, ada Taman Pelangi yang menjadi salah satu Destinasi wisata malam hari yang populer di kota jogja.

Tempat rekreasi yang satu ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan kamu di kota pelajar saat malam hari pastinya.

Di taman ini, kamu akan mendapati banyak lampion dalam berbagai bentuk dan ukuran, keindahan cahaya lampion menghiasi di sekeliling taman membuat warna warni yang bervariasi layaknya pelangi.

Taman ini berlokasi di Kawasan Monumen Jogja Kembali (Monjali), lebih tepatnya beralamtkan di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Jogja
Sumber : 42_Zain Rijalul Hasan

Titik Nol Kilometer Jogja masih 1 jalur dengan Tugu Jogja, Malioboro, dan Juga Alun-Alun Lor (Utara), serta jika ke selatan lagi, masih ada Alun-Alun Kidul (Selatan).

Titik Nol Kilomoeter, menjadi spot yang juga tak boleh dilewatkan begitu saja, setelah Malioboro, tempat ini biasanya menjadi spot yang paling utama untuk dijadikan latar berfoto selfie untuk diunggah ke media sosial.

Baca Juga : Wisata di Jogja Dekat Candi Prambanan

11. Puncak Becici

Puncak Becici Jogja
Sumber : Puncak Pinus Becici

Buat yang suka dengan alam, sepertinya wisata malam di puncak becici bisa menjadi pilihannya, lokasinya berada di Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Wisata ini juga berada di jogja lantai dua sama seperti Bukit Bintang dan Juga Puncak Sosok, namun yang satu ini lebih asri karena berada di antara Pohon Pinusan yang lebat.

Pemandangan alam kota dan juga city light kota jogja akan memanjakan mata bagi para wisatawan yang melihatnya.

Baca Selengkapnya : Puncak Becici Jogja

12. Sendratari Ramayana Ballet di Candi Prambanan

Sendratari Ramayana Ballet di Candi Prambanan Yogyakarta
Sumber : kemlu.go.id

Merupakan sebuah pertunjukan tari sekaligus drama tanpa dialog, mementaskan cerita Ramayana. Cerita yang berdasarkan epos Hindu yang diadaptasi langsung dengan Budaya Jawa membuat tarian yang lebih unik.

Lebih dari 200 penari profesional serta diiringi oleh musisi lokal berpartisipasi dalam rangkaian acara Sendratari Ramayana di sebuah panggung terbuka dengan Candi Prambanan diiringi gemperlap lampu sebagai latar belakangnya.

Nah, demikianlah tadi Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Malam di Kota Yogyakarta, semoga bisa menjadi referensi sebelum kamu liburan ke Jogja dan segera agendakan liburan kamu sekarang juga!

Tinggalkan komentar